Gerakan Pemanasan Sebelum Lari

Olahraga lari atau sering kita sebut dengan jogging merupakan olahraga yang sangat populer dan sangat mudah dilakukan serta tidak membutuhkan biaya untuk melakukannya. Hanya dengan beralaskan kaki telanjang kita dapat melakukannya. Olahraga lari juga merupakan olahraga yang dapat dilakukan bersama orang-orang terdekat anda untuk mempererat hubungan anda bersama orang-orang terdekat anda. Namun perlu anda ketahui, kebanyakan orang yang ingin berdiet langsung memilih olahraga ini karena dianggap sangat ampuh jika dilakukan dalam porsi yang besar dan dalam waktu yang rutin. Tetapi tetap saja jika anda tidak mengimbanginya dengan pola makan anda yang benar maka yang anda lakukan akan sia-sia. Hal yang lebih mengerikannya lagi jika anda tidak tahu menahu dengan olahraga ini dan anda mengalami cedera. Maka perlu anda ketahui, setiap olahraga yang anda lakukan memerlukan gerakan pemansan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempersiapkan tubuh dan otot anda agar tubuh anda tidak terkejut saat melakukan semua gerakan olahraga yang akan anda lakukan.

Berikut ini catatan diet telah menulis 10 gerakan beserta cara pemanasan sebelum melakukan olahraga lari.

1. Peregangan pergelangan kaki dan tangan kiri

Mulailah gerakan ini dengan menggenggamkan kedua tangan anda dan angkat tumit kiri anda. Kemudian secara bergantian putar pergelangan tangan kiri dan kanan ke depan sambil memutar pergelangan kaki kiri searah jam. Lakukanlah terus dan anda dapat mengganti arah tangan dan kaki lalu mengulanginya lagi. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

2. Peregangan pergelangan kaki dan tangan kanan

Lakukan gerakan ini sama seperti gerakan pertama yang anda lakukan. Namun ganti bagian kaki dan tangan kanan. Lakukanlah terus dan anda dapat mengganti arah tangan dan kaki lalu mengulanginya lagi. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

3. Lingkaran lutut

Mulailah gerakan ini dengan berdiri dengan kedua kaki disatukan dan kedua lutut ditekuk. Kemudian letakkan kedua tangan di lutut dan gerakkan kedua lutut melingkar searah jam beberapa kali. Anda dapat mengganti arah secara berkala sambil terus melakukannya. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

4. Peregangan bahu

Mulailah gerakan ini dengan meletakkan satu lengan di depan tubuh sejajar dengan tanah. Kemudian gunakan lengan satu lagi untuk menarik lengan yang sejajar tanah ke arah dada. Tahan beberapa saat, dan anda dapat mengganti lengan dan tahan beberapa saat sambil terus mengulangi latihan ini. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

5. Berdiri lutut ke dada

Mulailah gerakan ini dengan berdiri dengan kaki selebar bahu, dada tegak, dan bahu ke belakang. Kemudian angkat lutut kiri ke atas, dan tahan dengan kedua tangan. Lalu perlahan tarik ke arah badan sedekat mungkin dan tahan selama beberapa detik. Ganti sisi lainnya dan ulangi terus latihan ini secara berkala. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

6. Peregangan kuadrisep

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di lantai. Kemudian tekukkan kaki kiri dan pegang erat pergelangan kaki atau jari kaki, tarik dan rapatkan betis kiri ke paha kiri dan tahan selama beberapa detik. Ganti sisi lainnya dan ulangi terus latihan ini secara berkala. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

7. Sisi terjang

Mulailah gerakan ini dengan berdiri lurus dengan kedua kaki. Kemudian pindahkan kaki kanan ke sisi, dan tekan ke bawah dengan kaki kiri yang diluruskan. Lalu kembali ke posisi berdiri dan beralih ke sisi lain. Lakukan gerakan ini dan ulangi secara berkala. Lakukan gerakan ini selama 40 detik.

8. Sentuh silang dan raih

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di lantai dengan lengan diluruskan ke samping setinggi bahu. Kemudian tekukkan tubuh dan gunakan tangan kiri untuk menyentuh kaki kanan sampai sedekat mungkin. Ganti sisi lainnya dan ulangi latihan ini secara berkala. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.

9. Tendangan bokong

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di lantai. Lalu ambil sikap berlari dan mulailah berlari di tempat sambil menendangkan tumit anda ke bokong, usahakan sampai benar-benar menyentuh bokong dalam setiap langkahnya. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

10. Angkat lutut

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di lantai. Lalu ambil sikap berlari dan angkat salah satu tumit agar saat anda berlari, lutut anda akan menjadi sudut 90 derajat. Kemudian mulailah berlari di tempat. Pastikan saat anda mengangkat lutut anda benar-benar pada posisi yang lurus. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *