Gerakan Olahraga Sebelum Tidur

Bagi beberapa orang, olahraga di saat malam adalah sesuatu yang sangat menyebalkan. Terlebih lagi, malam hari adalah waktu yang sangat cocok untuk istirahat. Setelah satu harian penuh beraktifitas atau bekerja, olahraga saat malam hari sangat tidak mungkin dilakukan lagi. Namun, perlu diketahui bahwa kata-kata “olahraga” tidak selalu dengan melakukan gerakan-gerakan yang melelahkan seperti “push up” ataupun “sit up”. Gerakan seperti stretching¬†atau peregangan merupakan bagian dalam olahraga. Dengan melakukan stretching¬†sebelum tidur dapat membuat tubuh anda menjadi lebih rileks dan akan membuat tidur anda semakin berkualitas.

Berikut ini adalah 13 peregangan sebelum tidur yang dapat dengan mudah anda lakukan hanya dengan beberapa menit.

1. Peregangan kuadrisep kaki kiri di tembok

Mulailah latihan ini dengan berdiri di depan tembok. Letakkan tangan kanan anda di tembok. Kemudian tekuk kaki kiri anda dan peganglah erat dengan tangan kiri anda. Tarik perlahan hingga betis kiri rapat dengan paha. Kemudian tahanlah posisi ini. Lakukan peregangan ini selama 30 detik.

2. Peregangan kuadrisep kaki kanan di tembok

Sama seperti judulnya, lakukan peregangan ini sama seperti yang pertama. Namun ganti kaki satunya yaitu kaki kanan. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.

3. Peregangan betis kiri

Mulailah latihanini dengan berdiri di depan tembok. Berdirilah sejauh kira-kira satu langkah besar menghadap tembok. Letakkan kedua tangan anda di tembok. Buatlah satu langkah dengan kaki kanan sambil mendorong tembok. Pastikan betis kiri anda benar-benar lurus dan terasa merenggang. Tahanlah posisi ini selama 30 detik.

4. Peregangan betis kanan

Lakukanlah lagi peregangan seperti nomor 3 dengan mengganti kaki kiri anda yang melangkah dan betis kanan anda yang merenggang. Sama seperti di atas, tahanlah posisi ini selama 30 detik.

5. Peregangan trisep kiri

Mulailah latihan ini dengan berdiri dengan meletakkan telapak tangan kiri menyentuh punggung. Setelah itu gunakan tangan kanan anda untuk meraih siku kiri anda. Kemudian perlahan tariklah siku kiri sampai merasa terenggang. Tahan posisi ini selama 30 detik.

6. Peregangan trisep kanan

Lakukanlah lagi peregangan ini namun pada sisi sebaliknya. Dengan meletakkan telapak tangan kanan menyentuh punggung dan tangan kiri untuk menarik siku kanan anda. Tahan posisi ini selama 30 detik.

7. Peregangan kobra

Mulailah latihan ini dengan berbaring telungkup. Kemudian tekuk kedua siku dengan telapak tangan di bawah bahu. Lalu perlahan doronglah dada naik dari lantai sejauh mungkin sampai perut anda terasa merenggang. Tahan posisi ini selama 30 detik.

8. Child pose (Pose anak)

Mulailah latihan ini dengan posisi bersujud. Kemudian letakkan tangan anda ke depan. Pastikan tangan anda dalam posisi lurus. Lalu lebarkan lutut, dan rapatkan jari kedua kaki. Tarik dan buang napas, dan kembali duduk. Lakukanlah lagi dengan mencoba untuk menyentuh bokong dengan tumit saat peregangan. Lemaskan siku dan sentuh lantai dengan dahi dan cobalah untuk menurunkan dada mendekat ke lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik.

9. Cat-cow pose (Pose kucing-sapi)

Mulailah latihan ini dengan posisi merangkak dengan lutut di bawah bokong dan tangan tepat di bawah bahu. Kemudian tarik napas dan turunkan perut, putar bahu, dan angkat kepala menghadap langit-langit. Sambil membuang napas turunkan kepala anda. Ulangi terus latihannya selama 30 detik.

10. Butterfly pose (Pose kupu-kupu)

Mulailah latihan ini dengan berbaring terlentang di lantai. Kemudian satukan kedua telapak kaki anda. Cobalah untuk menarik kaki anda dengan membuka lutut ke samping. Tahan posisi ini selama 30 detik.

11. Jembatan

Mulailah latihan ini dengan berbaring terlentang di lantai. Taruhlah kedua tangan anda di samping badan sambil mengankat pinggul. Pastikan punggung anda tetap lurus seperti gambaran jembatan. Tahan posisi ini selama 30 detik.

12. Peregangan kaki memuntir sambil berbaring kiri

Mulailah latihanini dengan berbaring terlentang dengan kedua kaki diluruskan. Kemudian rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu angkat kedua lutut dan puntir kedua kaki ke kiri. Tahanlah posisi ini selama 30 detik.

13. Peregangan kaki memuntir sambil berbaring kanan

Lakukanlah lagi peregangan ini namun pada sisi sebaliknya. Lakukan persiapan yang sama seperti pada nomor 12, namun puntir kedua kaki ke kanan. Tahanlah posisi ini selama 30 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *