Cara mengecilkan lengan

Bagi kebanyakan orang terutama wanita, memiliki bentuk lengan yang besar atau sampai bergelambir memang sangat tidak enak dilihat ataupun sampai memiliki bentuk seperti itu. Lengan juga merupakan bagian yang akan membesar jika kita mengalami kenaikan berat badan. Tidak melulu berbicara tentang penyandang obesitas, bagi orang yang memiliki bentuk tubuh yang sedikit gemuk, bentuk lengan yang besar akan sangat terlihat. Ini dikarenakan lengan adalah salah satu tempat bagi tubuh untuk menyimpan cadangan energi atau lemak. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan lengan kita, selain mulai memperbaiki pola makan, tentu olahraga adalah obat yang paling mujarab.

Kali ini kita akan membahas tentang 15 olahraga yang dapat mengecilkan lengan.

1. Dada dinamis

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di lantai dengan kaki selebar bahu dan luruskan kedua lengan ke depan setinggi bahu dengan kedua telapak tangan saling menghadap. Kemudian rentangkan kedua lengan sejauh mungkin, lalu kembalikan ke depan sampai kedua telapak tangan bertemu di depan dada. Lalu ulangi terus latihan ini sebanyak 20 kali.

2. Meninju

Mulailah gerakan ini dengan berdiri dengan posisi kaki selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk. Tekuk siku anda dan kepalkan tangan di hadapan anda. Kemudian rentangkan satu lengan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke lantai, seperti gerakan meninju yang sering kita lihat. Lalu kembali lagi ke posisi semula dan ulangi gerakan ini selama 15 detik.

3. Jumping jack

Mulailah gerakan ini dengan posisi berdiri dan kaki rapat. Kemudian lompatlah dengan kaki terbuka disertai dengan tepukan tangan di atas kepala. Pastikan tangan anda lurus saat bertepuk tangan. Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama 30 detik.

4. Tricip dip

Sediakan sebuah kursi. Mulailah gerakan ini dengan duduk di kursi yang telah anda siapkan. Kemudian angkat pinggul dari kursi dan kedua tangan memegang kursi untuk menopang tubuh anda. Lalu secara perlahan tekuk lengan anda dan turunkan pinggul anda mendekati lantai. Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama 12 kali.

5. Push up dinding

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di depan tembok dengan jarak kira-kira satu langkah. Letakanlah tangan lurus ke depan ke dinding. Mulai lah menekuk siku anda dan dorong badan anda ke tembok. Pastikan tubuh anda untuk tetap lurus, dan jangan sampai lutut menekuk. Lakukanlah gerakan push up dinding ini sebanyak 12 kali.

6. Putar lengan searah jarum jam

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di lantai dengan kedua lengan diluruskan ke samping setinggi bahu. Kemudian gerakkan kedua lengan melingkar searah jarum jam secara cepat. Kecepatannya bisa anda sesuaikan sesuai dengan keinginan anda, dan hindari kecepatan yang berlebihan karena dapat membuat tangan menjadi cedera. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

7. Putar lengan berlawanan arah jarum jam

Mulailah gerakan ini dengan berdiri di lantai dengan kedua lengan diluruskan ke samping setinggi bahu. Kemudian gerakkan kedua lengan melingkar berlawanan arah jarum jam secara cepat. Kecepatannya bisa anda sesuaikan sesuai dengan keinginan anda, dan hindari kecepatan yang berlebihan karena dapat membuat tangan menjadi cedera. Lakukan gerakan ini selama 20 detik juga seperti gerakan yang sebelumnya.

8. Push up lutut

Mulailah gerakan ini dengan posisi push up biasa namun lutut menyentuh lantai, sedangkan telapak kaki diangkat. Kemudian dorong badan anda naik dan turun. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

9. Hook bergantian

Mulailah gerakan ini dengan berdiri dengan kaki selebar bahu, dan posisikan kaki dominan anda sedikit ke depan. Tekuk sedikit kedua lutut, kepalkan kedua tangan, dan tekukkan kedua siku membentuk sudut 90 derajat. Kemudian angkat lengan kanan setinggi bahu dan jaga lengan bawah tetap sejajar lantai. Putar bahu serta pinggul dan lemparkan pukulan ke kiri. Lalu kembali ke posisi semula dan ulangi sambil mengganti sisi yang lain. Lakukan gerakan ini selama 15 detik.

10. Papan naik dan turun

Mulailah gerakan ini dengan berdiri dengan posisi papan atau plankĀ dengan lurus. Kemudian tekuk lengan kanan dan letakkan lengan bawah di lantai dengan siku di bawah bahu, lalu tekukkan lengan kiri dan turunlah ke posisi papan datar. Lalu balikkan ke dalam keadaan papan naik dan ulangi latihan ini sebanyak 12 kali.

11. Tekan lengan di depan dada

Mulailah gerakan ini dengan meletakkan kedua lengan menyatu bersama-sama dan tekuk dengan posisi telapak tangan bertepuk sejajar dengan bahu, seperti huruf L. Kemudian naik dan turunkan lengan secara terus-menerus. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

12. Gunting lengan

Mulailah gerakan ini dengan berdiri tegak dengan kaki selebar bahu. Kemudian luruskan kedua tangan ke depan setinggi bahu saling bersilangan membentuk huruf X, dan lebarkan kedua lengan saling menjauh. Lakukan gerakan ini secara terus-menerus sambil menukar posisi lengan anda. Lakukan gerakan ini selama 10 detik.

13. Peregangan trisep kiri

Mulailah gerakan ini dengan meletakkan tangan kiri di punggung. Kemudian gunakan tangan kanan untuk meraih siku kiri dan perlahan tarik siku kiri. Tahan posisi ini selama 30 detik.

14. Peregangan trisep kanan

Mulailah gerakan ini dengan meletakkan tangan kanan di punggung. Kemudian gunakan tangan kiri untuk meraih siku kanan dan perlahan tarik siku kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik juga.

15. Peregangan bisep berdiri kiri

Mulailah gerakan ini dengan berdiri dengan lengan kiri di dekat tembok. Kemudian luruskan lengan kiri dan letakkan tangan kiri di tembok. Perlahan putarlah tubuh ke kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik.

16. Peregangan bisep berdiri kanan

Mulailah gerakan ini dengan berdiri dengan lengan kanan di dekat tembok. Kemudian luruskan lengan kanan dan letakkan tangan kanan di tembok. Perlahan putarlah tubuh ke kiri. Tahan posisi ini selama 30 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *